Bismillahirrahmanirrahim

إن العلماء ورثة الأنبياء، إن الأنبياء لم يورثوا ديناراً ولا درهماً إنما ورثوا العلم فمن أخذه أخذ بحظ وافر

Kemajuan zaman ini, sebenarnya tidak lepas daripada kontribusi para ulama dan ilmuan yang berusaha dengan segala kemampuan, mengoptimalkan potensi yang ada pada dirinya. Merekalah yang tahu akan mahalnya dan berharganya sebuah ilmu.


Karena dengan ilmu, manusia secara keseluruhan, dari zaman nabi Adam sampai saat ini dan bahkan di masa yang akan datang bisa memiliki peradaban. Dan majunya sebuah peradaban salah satu tolok ukurnya adalah sejauh mana perkembangan tradisi keilmuan itu membentuk pola pikir dan pola hidup masyarakatnya. Jadi ilmu adalah peradaban dan peradaban adalah ilmu.

Kita sebagai seorang muslim tentunya mengharapkan sebuah tradisi keilmuan yang bisa menciptakan masyarakat berperadaban Islamy, dan peradaban dalam Islam tidak hanya sekedar tradisi keilmuan saja, melainkan tradisi keilmuan yang berasaskan tauhid. Dan peradaban ini tentunya berbeda dengan peradaban yang sekuler, yang mana dalam kehidupan sekuler itu ada pemisahan antara kepentingan dunia dengan akhirat. Ilmu untuk ilmu. Seni untuk seni, politik untuk politik dll. Sungguh naïf sekali.

 مَنِ ازْدَادَ عِلْمًا وَلَمْ يَزْدَدْ هُدَى لَمْ يَزْدَدْ مِنَ اللَّهِ إِلا بُعْدًا

Akan menjadi apa manusia dewasa ini tanpa seorang ulama dan ilmuan. Tentunya ulama disini adalah ulama yang berjiwa ilmuan dan di dalam dirinya tertanam worldview Islam yang benar. Ilmu untuk mendekatkan dirinya kepada sang khaliq, bukan malah semakin menjauhkan diri dari-Nya. Ilmu untuk menambah keimanan dan memperkuat aqidah kita. Bukannya malah semakin tidak percaya kepada-Nya.

Setidaknya kita harus tahu bahwa dalam peradaban Islam yang berasaskan Tauhid, mengintegrasikan antara Iman, Ilmu dan Amal. mengaitkan antara Aqidah, Akhlaq dan Syari’ah, menghubungkan Islam, Iman serta Ihsan.
...إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاء إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ غَفُورٌ
«سورة فاطر-٢٨-»
والله أعلام بالصواب
Penulis; Mohammad Harir Saifu Yasyak, S.Fil.I