Bismillahirrahmanirrahim
Remaja merupakan generasi penerus bangsa, ditangan merekalah sebuah bangsa ini akan berkembang atau binasa. president pertama Indonesia Soekarno pernah berkata "berikan aku sepuluh pemuda, akan aku goncang dunia" dan itulah kekuatan sebuah generasi muda.


darah muda sebagaimana dikatakan oleh roma irama adalah darah yang berapi- api. saking semangatnya ia bahkan tidak pernah menghiraukan akibat dari apa yang akan diperbuatnya.

kita sebagai manusia yang tahu akan potensi generasi muda ini harus bisa mengarahkan mereka semua kepada hal- hal yang bersifat positif.

menanggapi kenakalan remaja dewasa ini. kita seharusnya berpikir bagaimana kita mengatasi dan menanggulangi masalah kenakalan remaja. mengapa mereka sampai demikian.

yang perlu kita perhatikan mengenai remaja atau pemuda adalah pendidikiannya. dan lebih tepat adalah pendidikan akhlaq bagi remaja dan pengawasan yang intens dari orang tua dan masyarakat serta pemerintah atas dalam seluruh aktivitas remaja ini. jadi semua lapisan masyarakat harus selalu ikut serta dan ikut andil dalam seluruh aktivitas ini.

akhlaq merupakan pembentuk karakter kepribadian seseorang, jika akhlaqnya baik maka ia menjadi manusia yang baik, akan tetapi jika perbuatannya buruk, berarti ada yang kurang dalam penanaman akhlaq ke diri seseorang. 

akhlaq merupakan pembeda antara manusia dan mahkluq selain manusia. Rasulullah Muhammad S.A.W. diiutus kepada seluruh ummat manusia untuk menyempurnakan akhlaq manusia. supaya menjadi khairu ummah. yang beribadah dan bertaqwa kepada Allah.
Manusia akan senantiasa bertambah usianya, dari kecil ia menjadi besar, dari kanak- kanak menjadi dewasa, dan dari dewasa suatu saat menjadi tua. itulah putaran kehidupan yang akan dijalani oleh manusia. akan tetapi apakah hanya demikian fungsi kehidupan manusia. tentu tidak. jangan sampai masa muda kita lenyap begitu saja dengan dan tanpa hasil yang berguna bagi kehidupan dunia dan akhirat. wallahu 'alam bi shawab

penulis; Mohammad Harir Saifu Yasyak, S.Fil.I